Jumat, 18 September 2015

Gunung Munara

Diawali dengan jiwa yang resah, gundah, dan gelisah karna ditinggal temen jalan-jalan ke gunung munara, jadilah minggu depannya gue ajak #mawar (bukan nama sebenarnya) buat melancong ke gunung munara, mumpung kita lagi pada libur juga. Doi belum pernah naik gunung sebelumnya, jadi agak agak riskan juga sih sebenernya, tapi karna kata orang gunungnya ga terlalu tinggi, malah cenderung kaya bukit, jadi cuuss lah gapapa jalan aja. Gunung munara ini ada di wilayah Rumpin, Parung, Bogor. Sebagai orang yang bertempat tinggal di Depok, agak kaget jugasih ternyata di parung ada gunung gunungan yang gue gatau.

Selasa, 12 Agustus 2014

08.00
Setelah jemput si mawar, cuss lah langsung kita ke arah parung. Bermodal tanya tanya kemana arah ke rumpin, sejam kemudian sampailah di daerah rumpin, cari warung makan pinggir jalan, bungkus nasi sama ayam, jalan lagideh. Jalan ga jauh dari warung kita akan ngelewatin jembatan gede,

ikutin aja terussss, kira kira 15menit sampedeh ke papan yang nunjukin ke arah situs gunung munara.

Darisitu kita bakal lewatin rumah-rumah penduduk, kata para blogger sih rata rata motor mereka dititipin di rumah pak rt. Ternyata eh ternyata pas lagi jalan pelan, ada yg nanya mau kemana dek? mau ke pasar. Ini mau ke gunung munara, eh si ibu langsung  nawarin nitip motornya di rumahnya aja, tar darisitu tinggal jalan. Oks dah, tapi gue lupa nama ibunya siapa, lupa moto rumahnya juga, pokonya rumahnya pas dipersimpangan gitu, depan rumahnya ada warung sama gubuk bambu gitu.

gunung munara, dari rumah tempat nitip motor (udah jalan dikit sih)
10.00
Setelah basa basi nanya ini itu barudeh kita mulai trekking, ternyata dihari itu ada temen yang mau naik munara juga, amanlah gue, karna gue dan mawar belum pernah naik gunung munara. Baru semenit jalan, ada yang mintain biaya sukarela kalo mau naik ke gunung munara, tapi dia bilang 5000 aja berdua, yaudah gue kasih 5000. Trek pertama yang dilewatin kita bakal melintasi jembatan beton yang udah agak miring dan ringkih.

Di menit menit awal kita akan ngelewatin vegetasi pohon bambu, dan pohon macem macem yg campur aduk, kalo ga salah kita akan naikin dua tanjakan awal sebelum nyampe pos1, kira kira 10menitan lah dari jembatan ringkih tadi. Ga ada tulisannya pos1 juga sih, tapi kalo di itung-itung kita akan ngelewatin sekitar 4pos sebelum sampe puncak munara. Karna gue ga naik di hari sabtu dan minggu, jadi emang lagi sepi. Kata orang-orang sih ramenya minggu. Di setiap pos akan kita temuin tukang dagangan yg jualin makanan, malah ada yang pernah ngepost beli rujak di pos2. Sayang banget gue ga nemu tukang rujak.

pos1
pos2

Kira kira 20menitan dari pos1 sampelah kita di pos2, di pos ini ada papan yang bertuliskan "selamat datang ke keramat gunung munara, semoga hajat baik sodara bisa terkabul". Kira kira tulisannya begitu. Bener ajasih, sepanjang perjalanan gue liat sesajen gitu di pojok pojok batu, katanya sih disini emang tempat buat minta hal-hal begituan, karna niat kita cuma mau nikmatin keindahan alam ya dibawa cuek aja. Darisitu jalan akan nanjak lagi, sampe 10menit berikutnya kita ketemu pos ketiga, ini pos ada dipersimpangan gitu, kiri ke bawah, kanan ngelewatin posnya gitu, nah kita ambil yang kanan.

pos3
Kalo gasalah sih setelah pos3 kita bakal ketemu pohon gede yang akarnya juga gede gede, agak serem sih, tapi ya sok cuek aja. Ada dua jalur gitu, ke kiri dan kanan. Kata temen barengan gue sih yg sering dilewatin yg ke arah kanan, dengan cara kita lewatin akar akar pohon gede itu, dan nanti jalannya akan keliatan kok.

tampak depan
setelah ngelewatin akar
10menit berikutnya kita sampailah di pos4, di pos4 ini ada musholanya gan. dan ada plang baca bacaan gitu juga, disini juga ada batu tinggi yang namanya batu belah, karna emang keliatannya batunya agak kebelah gitu pojoknya. Kita bisa naik tapi harus tetep hati-hati, agak curam soalnya.

Mushola (kanan buntu, yang bener kekiri)

Dari mushola ada persimpangan juga, yang kanan buntu kaya lewatin antara batu gitu, kalo ke kiri jalan yang bener, kaya jalan memutar gitu menuju puncak, kira-kira 15 menit jalan menanjak sampailah kita di puncak gunung munara.

12.00
Di puncak terdapat dua batu besar yang biasa di dudukin orang buat foto foto. Emang cakep sih tempatnya, yaudslah kita foto foto.

Setelah santai dan makan bekel yang dibeli, kita turun sekitar pukul 13.00. Perjalanan turun kira kira makan waktu setengahnya perjalanan naik. Sampe di perkampungan warga kita shalat di mushola deket situ, pamit sama ibu dan mas mas pemilik rumah tempat nitipin motor, bayar 10ribu (seiklasnya) terus pulang deh.

Rincian harga:
1. Biaya sukarela = Rp 2.500/orang
2. Parkir motor di rumah warga = Rp 10.000
3. Makanan/minuman = Rp 30.000 (tergantung makan apa, kalo lidi lidian pedes paling seribu juga dapet)