Selasa, 15 September 2015

Backpacker ke karimunjawa

Jumat, 4 Sept 2015
Perjalanan kali ini dimulai dari stasiun pasar senen,dengan kereta brantas seharga 90ribu kita ber6 berangkat dari jakarta jam 4sore dan sampe di semarang tawang jam 11malam. Awalnya pengen yang berangkat jam 11malem dengan tujuan semarang poncol seharga 65ibu, jam 6pagi udah sampe di stasiun, tapi apa mau dikata tiketnya cepet banget abis karna kita berangkat hari jumat juga kali yaa, sementara gua masih menunggu kemungkinan orang yang pengen ikut lagi. Sampe di semarang tawang kita langsung menuju hotel pelangi indah yang letaknya percis di depan stasiun, kalo yang mau ngegembel bisa juga kok, ada musolah gitu di lingkungan stasiun, kayanya si bisa kalo mau numpang tidur disitu.

Sabtu, 5 Sept 2015
Jam 7pagi kita langsung menuju pelabuhan tanjung mas dengan naik taxi seharga 25ribu gak pake argo, setelah sampe pelabuhan ternyata argonya cuma 11ribu. Syittt. Soalnya sebelumnya nanya nanya orang kena 30ribuan. Sampe tanjung mas kita langsung sarapan, harganya murah juga kok, gak ditembak. Oh iya, kalo mau ke karjaw via kapal kartini semarang harus booking jauh jauh hari, karna kalo hari H kemungkinan besar udah abis, begitu juga sama express bahari, terkecuali kalo naik ferry siginjay yang harus beli on the spot di pelabuhan kartini jepara. Untuk kontak pesen tiket dan tips tips lain bisa diliat di akhir blog ini.


Kapal berangkat jam9, tapi dianjurin jam7 udah ada di pelabuhan utuk antisipasi kapal berangkat lebih awal karna gelombang tinggi. Perjalanan makan waktu 3,5 -4jam, mayan lamasih ya, dengan kapal yang ga terlalu besar udah pasti ombaknya berasa banget, dari 6orang, 4orang diantaranya nembak di kapal :D


Jam 1n kurang kita udah sampe di karimunjawa, dan langsung dijemput naik mobil buat ke homestay. Gua nginep di homestay liandri seharga 70rb/kamar, letaknya juga deket banget sama alun-alun dan lokasi berangkat snorkeling, cucoklah pokoknya. Setelah makan siang di rumah makan bu ester (harga normal 15-20ribu sama es teh) dan istirahat sebentar, jam setengah4 kita trekking ke bukit love, sebenernya bukit joko tuo lebih deket, tapi pada lebih pengen ke bukit love yang ada tulisan karimunjawanya itu. Ternyata lumayan jauh juga, 45menit jalan santai kita baru sampe di bukitnya, abis poto poto dan nunggu sunset kita cabs lagi ke penginepan.


Malemnya kita makan di alun-alun, kalo kesini wajib beli kerang bumbu tongseng (30ribuan), asli ajib banget, seafoodnya juga enak enak, harganya juga bersahabat, cumi bisa buat 2orang 30ribuan tinggal pilih mau dimasak bumbu apa, nasi 4ribu.

Minggu, 6 Sept 2015
Hari kedua jadwalnya full di laut, setelah sarapan "di bu ester lagi" kita mulai tur laut jam 8pagi, usut punya usut yang punya kapal tuh anak yang punya penginapan jadi agak gampang deh negonya.


Spot pertama katanya sih "spot nemo" namanya, tapi katanya ada nama lain tapi lupa. Karangnya lebih mendominasi kalo disini dibanding ikannya. Tapi sayang banget gak bisa foto foto banyak sangking keenakan berenang kesono kemari.


Spot kedua kita snorkeling di sekitar menjangan kecil, disini banyak ikannya, apalagi kalo kita kasih roti pasti langsung pada ngumpul, karangnya juga oke kok, ya walaupun ada aja yang rusak disana sini, kena jangkar kapal ataupun ketedang orang yang lagi snorkeling :(


Gak berasa udah hampir jam12, waktunya istirahat di pulau menjangan kecil. Selagi kita foto foto, si mas mas kapalnya langsung masak makan siang buat kita.


Setelah kelar istirahat dan poto poto, jam2 kita lanjut lagi ke spot yang namanya ujung gantungan, disini kita bisa berdiri di atas pasir halus yang cucok banget buat foto foto. Modelnya kaya pasir timbul gitu. Ada juga sih spot kaya gini, kalo gasalah namanya pulau gosong.


Dari ujung gantungan kita jalan lagi ke spot snorkeling ketiga, kalo gasalah namanya tapak cendok atau apa gitu, letaknya dibelakang pulau menjangan besar, disini agak cetek jadi ati ati yaa jangan sampe nginjek karang :)


Setelah satujaman snorkeling kita jalan lagi ke menjangan besar, disini sandar kapal aja kena 40ribu dan per orang kena 25ribu. Jadi sayang banget kalo udah ke pulau ini tapi ga foto foto sama hiu. Kalo mau foto sama bintang laut, ikan kembung, ikan pari, bisa juga. Tapi bayar 5ribu lagi.


Jam setengah6 kita udah cabut balik, sayang sih. Karna sebenernya bisa aja kalo mau sunsetan di pulau. Karna udah cape juga dan badan udah basah dari pagi, kita putusin buat balik, toh besok masih bisa liat sunset lagi juga.

Senin, 7 Sept 2015
Hari ketiga di karimunjawa rencananya sih mau full tur laut lagi. Tapi karna harus nombok dari rencana pengeluaran awal, kita putusin buat tur darat aja. Pagi pagi udah dicariin motor sama anak yang punya penginapan, kena 75ribu/motor, agak mahal sih, kalo langsung ke yang punya motor mungkin bisa dapet 50n. Abis sarapan, kita langsung jalan ke bukit joko tuo, gak lupa beli rujak dulu dijalan, biaya tiket bukit ini 10ribu/orang, motor gak diitung, tapi tiati licin ya karna tanah lembut campur kerikil gitu, bahaya banget kalo abis ujan. Sampe diatas ternyata emang tempatnya bagus banget buat liat sunset, dermaga dan pulau pulau sekitar keliatan jelas dari sini, ada tasbih raksasa juga sama kerangka ikan paus gitu.


Dari bukit joko tuo kita lanjut ke lokasi mangrove, perjalanan sekitar 30menitan, lebih jauh dari lokasi pantai batu topeng dan ujung gelam, pokoknya yang mau ke arah bandara deh. Karna hari senen jadi ga ada yang jaga pas kita kesana, harusnya sih bayar 5ribu per orang, diujungnya ada menara pandang juga buat ngeliat keadaan sekitar dari atas.


Abisitu kita jalan lagi ke pantai annora, biaya parkir 5ribu per motor, orang udah ga bayar lagi. Katanya sih ini pantai belom lama terkenalnya, jadi masih bagus dan sepi, ada bukit cintanya juga, kalo kita jalan keatas ujungnya tuh langsung jurang gitu, dibawahnya keliatan karang karang yang masih bagus, cucoknih kayanya kalo besok kesini lagi.

Dari pantai annora kita main ke pantai batu topeng, sebelum masuk ke lokasi pantai ada biaya 2ribu per orang, dan di dalem udah ga ada biaya apa apa lagi. Sampe dilokasi gatau juga topengnya dimana, cuma ada satu saung gitu yang ngehits sering difoto.


Karna ngejar sunset kita langsung jalan lagi ke pantai ujung gelam, dari batu topeng sebenernya bisa jalan kaki ke ujung gelam, karna letaknya yang bersebelahan, tapi yaa biar parkirnya deket aja. Di pantai ini sering buat tujuan akhir yang abis tur laut, padahal pantai ini bisa dijangkau lewat jalur darat, jadi temen temen bisa nikmatin sunset di tempat lain :) .Disini juga ada pohon kelapa yang miring, dan sering dijadiin spot foto bareng, tapi asli agak susah juga naiknya, walaupun bawahnya pasir, tetep aja ngeri kalo jatoh.


Setelah sunset usai kita langsung balik, dan sampe dipenginapan jam setengah7n.

Selasa, 8 Sept 2015
Jam 5pagi kita udah siap di depan penginapan, buat dianter masnya ke pelabuhan dan ngantri tiket ferry siginjay. Karna hari selasa dan bukan musim liburan, suasana di pelabuhan gak rame rame amat, biasanya kalo lagi rame jam setengah6 juga udah ngantri panjang banget.


Kapal berangkat jam7 dan kita sampe di jepara jam12n, sampe pelabuhan naik becak ke terminal jepara, makan siang, naik bis ke semarang, terus naik trans semarang ke lawang sewu. Tiket masuk 10ribu kalo gak salah.


Abis poto poto kita cabut lagi naik bis ke stasiun, terus balik ke jakarta dengan selamat. Alhamdulilah. Semoga cepet cepet bisa liburan lagi. Aminnn


 Rincian harga:
-Kereta brantas 90ribu
-Penginapan pelangi indah (sebrang stasiun tawang) 120rb/kamar 2orang
-Taxi ke pelabuhan 25ribu
-Tiket kapal kartini 133ribu
-Antar ke penginapan 40ribu (PP 80ribu)
-Penginapan 70ribu/kamar 2orang
-Sewa kapal 400ribu/hari
-Alat snorkeling 30ribu (lengkap)
-Guide 150ribu (harus)
-Pesen makan siang buat di pulau 20ribu/orang
-Masuk menjangan kecil 5ribu/orang
-Masuk menjangan besar, sandar kapal 40ribu,  25ribu/orang
-Sewa motor 75ribu/2orang
-Bukit joko tuo 10ribu/orang
-Pantai annora 5ribu/motor
-Pantai batu topeng dan ujung gelam 2ribu/orang
-Ferry siginjay 59ribu
-Becak dari pelabuhan ke terminal jepara 15ribu/2orang
-Bis ke semarang 15ribu (2,5jam)
-Trans semarang 3,5ribu
-Lawang sewu 10ribu
-Bis ke stasiun 2ribu
-Kereta brantas ke jakarta 90ribu

Total perkiraan biaya 4hari 3malam di karimunjawa 820ribu/orang (belom sama makan)

Tips tips
-buat yang mau menghemat cuti dan efisiensi waktu, misalnya berangkat hari jumat, bisa naik kereta tawang jaya (65ribu) berangkat jam 11 malem, sampe semarang poncol jam 6pagi, terus langsung naik kapal kartini dari semarang, tapi beli tiket kereta dan kapal jangan dadakan, seenggaknya 3minggu atau 1bulan sebelumnya.
-cari penginapan yang deket sama alun-alun.
-kalo mau puas sekalian aja 5hari 4malem di karimunjawa. Hari pertama bisa trekking ke bukit joko tuo, hari kedua tur laut hajar bagian timur, hari ketiga bagian barat, hari keempat explore darat (bukit love, mangrove, pantai annora, batu topeng, ujung gelam), hari kelima baru pulang.
-pulangnya naik kereta paling malem dan murah dari semarang (brantas 90ribu) jalan jam setengah8 malem. Bisa naik bis juga dari terminal jepara (sore) kalo gamau repot ke semarang.
-kalo bisa tur laut di hari biasa jangan weekend (biar pulau pulau pada sepi)
-snorkeling bawa roti buat ikan
-cari temen barengan 10-15 orang
-kalo gakmau menerka nerka kapal berangkat atau engga karna ombak, bisa naik pesawat 200ribuan dari/ke semarang atau 300ribuan dari/ke surabaya (cuma terbang kamis dan jumat).
-cek jadwal kapal di http://www.jadwalkapalkarimunjawa.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar