Kamis, 18 Juni 2015

Backpacker ke Kawah Ijen dan Taman Nasional Baluran

Sebagai kuli pekerja yang liburnya ga nentu, kadang sabtu minggu juga masuk, seenggaknya setaun sekali pengen ngerasain yang bener  bener lepas dari kerjaan. Alhasil jadilah cuti 5hari dan minta libur sabtu, minggu di awal dan akhir, jadi total 9hari, dan dapet ijin pula. Emang cakep deh si bos.

Longtrip kali ini gue sendiri yang bikin rundownnya sedemikian rupa, yaitu ke kawah ijen, baluran, bali, rinjani, pulau kenawa/gili trawangan. Berangkat darat pulangnya udara. Cakep kan! Pas awal nyari temen banyak yang bilang "itu ga akan cukup, atau "lo mau tewas pak? Gue cuma bilang, itukan jadwal aja, kalopun ga cukup yaudah selow, tapi intinya gue mau ngejar rinjani. Ngajak sini situ dan dapet lah 3orang temen, 2 buat explore banyuwangi Ari dan Rizal, 1lagi si Dedy ikut gua lanjut ke rinjani. Gapapalah daripada ga ada temen.

Sabtu, 6juni 2015
Start dari kantor di kedoya jam 12 siang karna paginya harus kerja dulu, buat ngejar kereta kertajaya yang berangkat dari pasar senen jam2 siang, naik patas dari tol kedoya jurusan senen dengan harga kurang dari 10ribu kayanya lupa, dan sampe senen jam set2n. Beli logistik buat dikereta, nasi bungkus, terus langsung cus. Gue milih kereta yang ke surabaya turi, karna yang ke surabaya gubeng lebih lama 3jam dan 10ribu lebih mahal. 10ribunya bisa buat patungan angkot/taxi buat jalan dari turi ke gubeng.

Minggu, 7juni 2015
Jam 01.30 kita udah sampe di surabaya turi, keluar stasiun terus makan soto deket situ. Karna rizal orang surabaya dan pengen sekalian pulang juga, jadilah kita nginep dirumah rizal malem itu, naik taxi kena 50ribu, gapapalah besoknya dianterin ke gubeng ini. Kereta dari gubeng berangkat jam9, jangan lupa beli nasi bungkus dulu dan di tiket sampe banyuwangibaru jam setengah4 sore, tapi kita milih turun di stasiun karangasem karna jaraknya lebih deket kalo mau ke paltuding (titik pendakian awal kawah ijen).

Di depan stasiun udah disambut bu Dewi dan pak Abu thalib sang pemilik motor sewaan yang udah kita boking seminggu sebelumnya. Doi punya toko juga di depan stasiun, rumahnya buat nitipin motor juga. Disini enak, gak pake deposit uang 300-500ribu yang kebanyakan diharusin kalo mau sewa motor sekitaran banyuwangi. Sewa motor sehari 75ribu, ada penginepan juga 50ribu semalem yg bisa muat 6orangan. Kita putusin buat jalan jam9 malem dari karangasem, jadilah ngopi ngopi cantik dulu. Eh ditawarin istirahat dan bersih bersih dirumah bu Dewi, lumayan masih ada waktu 5jam kan. Karna dikasih kamar yg gede gue kasih aja uang seiklasnya. Jam9 malem kita cus jalan, gak lupa makan dulu, sampe paltuding jam 12n karna ujan yang turun mau mau enggak, normalnya sih 1jam perjalanan. Sampe paltuding udah banyak pendaki yg mau naik juga dengan tujuan utama ngeliat blue fire yang cuma ada 2 di dunia itu. Warung warung di paltuding baru dibuka jam1 karna emang jam segitu juga pendakian baru dibuka. Setelah ngeteh dan ngupi kita beli tiket dan langsung cabut.

Senin, 8juni 2015
Jam 2 pagi kita start pendakian dari paltuding, normal pendakian buat sampe ke kawah selama 1-1,5 jam. Oh iya yang mau camp di paltuding bisa juga, kalo ditawarin guide gausah gapapa kok, trek masih standar aman, cuma pas turun ke kawah buat ngeliat blue fire aja yg agak curam, tapi masih aman, dan banyak temen temen juga jadi selow, jangan lupa bawa headlamp dan masker buat turun ke kawah, kalo pake buff bisa sedikit agak dibasahin biar lebih ens.

Awalnya bingung dimana letak blue firenya, karna orang ditanyain ga ada yg tau, kita barisan orang terdepan yg nyampe juga soalnya. Ternyata pas sampe atas kawah langsung turun ke arah kawah aja, gausah kelincahan naik dulu ke titik tertinggi kawah kaya yang kita lakuin. Setengah4 kita udah bisa ngeliat blue fire, bangga banget tinggal di indonesia dengan banyak keindahannya, bisa ngeliat yang katanya cuma ada 2 di dunia.

Abis foto foto kita langsung cabut lagi naik ke atas kawah buat ngeliat sunrise, ternyata eh ternyata kehalang bukit tuh. Disini ternyata ada puncaknya juga, namanya puncak bulan sabit, kalo kita liat dari atas, bibir kawah akan berbentuk seperti bulan sabit. Tapi ini daerah terlarang, ga dibolehin, tapi gatau juga kenapa, gak nanya. Foto foto lagi pas udah terang, terus jam8 kita turun, sampe paltuding ngetea ngetea lagi terus langsung cabut ke baluran, gak lupa dijalan kita makan dulu.

Perjalanan ijen ke pintu masuk baluran kayanya sekitar 1,5 jam karna ngebut, dari pintu masuk baluran ke savana bekol 1jam lagi karna jalanan yg ancur lebur. Abis foto foto kita lanjut ke pantai bama, disini jarak spot snorkling dari bibir pantai sekitar 400meter dengan kedalaman 3-5 meter. Tapi kemaren gua cuma sampe jarak 300n meter dengan kedalaman ga sampe 1meter karna udah sore dan ombak makin gede, jadi cuma bisa liat karang karang kecil dan ikan yang sedikit, kalo maju lagi sih mungkin bisa liat nemo, yasudahlah next aja.

Disini bisa juga sewa alat snorkling lengkap 45ribu kayanya, udah ada biayanya di papan gitu kok, sewa kano juga ada. Dari pantai kita bisa treking ke hutan bakau, karna udah jam5n dan pengen gelap kita putusin buat balik, diperjalanan kita disuguhin pemandangan sunset yang saik abis.

Sebelum sampe di pelabuhan ketapang kita makan dulu di pinggir jalan, eh banyak colokannya, cakep! Sampe akhirnya jam set9 gua berpisah dengan Ari dan Rizal, gua lanjut nyebrang ke bali, dan mereka balik ke rutinitas. Kereta dari banyuwangibaru jam 10malem, tapi gapapapa juga kalo tiket dari banyuwangibaru tapi naiknya dari karangasem, kalo sebaliknya baru gak boleh. Bersambung.

Rincian harga:
-Masuk ijen orang 5rb, motor 15rb
-Masuk baluran orang 12,5rb, motor 15rb
-Makan 6x 90rb

TOTAL =   400rb  (harga lupa lupa dikit)