Sabtu, 20 Juni 2015

Backpacker ke gunung Rinjani, gili trawangan, dan pantai senggigi

Melanjutkan cerita sebelumnnya, sekarang gua lanjutin cerita dari tujuan utama gua yaitu ke Gunung Rinjani lewat jalur darat. Kita sampai di gilimanuk bali hari senin jam10n malam, cukup jalan 5menitan setelah pemeriksaan ktp ke terminal gilimanuk, pas banget baru jalan masuk terminal nemu colokan, sangat cocok buat tempat bersandar malam ini, bukan begitu bukan? Bukan. Sementara info bis ke padangbai baru jalan jam1 atau jam2n, kita pakai waktu tersisa buat tidur dan ngecas. Hasil obrolan sama pedagang di gilimanuk, bis ke padangbai yang terpercaya sih Buana Raya, kalo gak mau di oper lagi di terminal Ubung. Bis ke padangbai pasti lewat terminal ubung dulu. Padahal sih jam1n ada yang nawarin bis mini gitu, sama bis Bahagia atau apa gitu namanya sering di denger, keliatannya sih udah penuh juga dan banyak yang naek, tapi tetep gua nunggu si Buana Raya.

Selasa, 9 juni 2015
Jam 2pagi kita jalan dari terminal gilimanuk menuju pelabuhan padangbai, sampai di padangbai jam8 pagi, lanjut makan, beli tiket di pelabuhan, dedy berak dulu, baru kita cabut naek kapal. Perjalanan ke lombok memakan waktu 4jam.

Yang terpenting selama perjalanan adalah, cari temen ngobrol, itu harus! mau itu sepantaran atau lebih tua dari kita, tapi liat dulu komuknya, jangan yang sekiranya preman malah lu tanya, yang ada ntar malah diboongin, terlebih di tempat yang belom lu kenal. Dari obrolan gua sama ibu ibu, berlanjut ke suaminya, berlanjut lagi ke orang lain yang ternyata searah sama gua mau ke pasar eikmel. Gua dibilangin sama ibu ibu kalo hati hati di lombok, terlebih kalo dia tau kita dari jakarta, pasti mikirnya kita banyak duit, begitu katanya. Di terminal mandalika juga ati ati dompet "saut si ibu. Dari kapal gua udah dapet barengan ke eikmel, pas sampe pelabuhan si bapak patungan sama bapak lain buat ke Terminal mandalika, kitasih ngintil aja berdua. Total ada 6orang dengan mobil kijang carteran seharga 25ribu perorang kita cus ke terminal. Kita ga turun di terminalnya karna bakal banyak calo, jadi turun pas mobil minibus yang ke arah eikmel mangkal aja. Setelah nego nego alus kena 25ribu ke eikmel, si bapak turun duluan, ngobrol ngobrol sama supir ini itu tentang transport di lombok, kalo mau ke pelabuhan kayangan buat nyebrang ke sumbawa gimana? atau kalo mau ke gili transportnya gimana? eh turun di eikmel malah disuruh nambah 10ribu, bisa ajasih berdebat, tapi males, tar bakal kalah juga karna ini kampungnya. Pas turun udah disambut mobil bak yang nawarin ke sembalun, tapi kita mau cari logistik dan makan dulu. Sampe di pasar eikmel ternyata sayuran udah pada tutup karna udah sore, jadi cuma beli seadanya aja. Hasil nego akhirnya kena 25ribu ke pos sembalun, tapi kalo jago nawar lagi bisa kena 20ribu kok.

Perjalanan lumayan lama sekitar 1,5jam karna naik turun gunung, di sembalun ada pasar juga ternyata, udah tutup juga, tapi untung masih bisa nemu bayem, jagung, gak lupa nanas. Lumayan buat di atas nanti biar kaya porter porter. Sampe pos pendakian jam7 malem,  sesuai jadwal kita istirahat dulu di pos dan baru start pendakian besok pagi sebelum terang. Daftar pendakian bisa dilakuin malem atau subuh juga bisa. Kita dikasih tempat juga dibelakang, ruangan beralas kayu dan beratap, lumayan lah buat istirahat, dan yang terpenting ada colokan! Kamar mandi juga ada, kalo mau sewa kamar juga ada 150ribu semalem kamar mandi dalem. Setelah makan di warung samping pos kita langsung gelar matras dan bobok.

Rabu, 10juni 2015
Start treking yang maunya sebelum gelap alhasil malah baru mulai jam7n karna keenakan tidur dan kelamaan packing. Setelah daftar pendakian, makan pagi dulu di warung samping pos, bungkus makan juga buat siang, naik mobil bak ke gapura batas hutan, baru start treking jam8 pagi.

Kalo mau jalan dari pos ke batas hutan juga bisa, sekitar 45menit mungkin, tapi kita milih ngehemat tenaga dulu. Dari batas hutan ke pos1 masih agak landai, dengan ditemani padang rumput yang luas, gak kerasa 2jam perjalanan udah sampe di pos1, istirahat bentar,  minum hydrococo baru lanjut lagi, perjalanan ke pos2 makan waktu 1jaman kurang, sebelum sampe pos kita akan ngelewatin jembatan, yang dibawahnya ada mata air yang ga begitu bagus, tapi gapapa ambil aja buat jaga jaga, disini kita putusin buat makan siang yang udah kita beli dibawah tadi.

Dari pos2 ke pos3 baru agak lumayan treknya, nanti akan lewatin pos bayangan dulu sebelum pos3, makan waktu 1jaman lah. Nah dari pos3 ini baru treknya nanjak terus sampe plawangan sembalun. Kita akan ngelewatin 7bukit penyesalan, dimana sekali kelar satu bukit, baru keliatan lagi bukit selanjutnya, gitu aja terus sampe lu ngerasa nyesel gak pake porter, berarti lo udah ada di 7bukit penyesalan. Asli baru berasa banget bawa keril 20kilo disini, udah bawaan depan belakang pula, naik cuma berdua tapi bawanya tenda buat berempat pula. Nanti lo juga bakal lewatin pos extra sebelum plawangan sembalun, dan darisini masih sisa 3-4 bukit lagi buat sampe di plawangan. Sekitar jam5 sore udah tersisa 2bukit lagi buat sampe di plawangan, karna kita udah dapet temen perjalanan juga, dan katanya masih 4jam perjalanan ke plawangan, kita putusin buat camp disini malam ini, baru besok naik ke plawangan dan langsung summit.

Kamis, 11 juni 2015
Bangun jam6n buat liat sunrise, masak, packing, terus langsung cabut jam8n. Setelah ngelewatin 2bukit kita bisa ngeliat danau segara anak dengan jelas, asli saik banget, abis santai foto foto kita jalan lagi ke arah tempat camp yg banyak pohonnya.

Kadang orang begitu sampe diatas langsung aja ngecamp karna udah cape, padahal masih jauh sama tempat sumber air, jadi disaranin jalan terus ke arah mau naik ke puncak, ngelewatin 2-3 bukit kecil lagi kalo ga salah. Dan akhirnya sampe juga jam1n, langsung bongkar tenda, makan, dan siap siap buat summit.

Ternyata jarang banget orang yang summit siang siang, selain emang panas, katanya anginnya gede. Karna masih ada tujuan ke kenawa atau gili kita putusin buat summit siang itu juga, sama temen seperjalanan jadi total ada 4orang yang mau muncak. Kita mulai treking jam2 dan bener aja selama perjalanan naik emang cuma kita doang, temen pendaki yang baru turun pun pada bingung mukanya pas kita bilang pengen muncak, gapapa lah gas terusss, mungkin emang masih jarang. Nanti lo bakal lewatin yang curam dulu naik terus, nah sampe atas baru dapet landai, abis landai baru medan mulai batu batuan kerikil yang orang biasa bilang maju 1langkah, mundur 2langkah, malah turun dong lama lama? Ya ga gitu juga sih, yang penting bawa trekking pole atau kayu aja biar enak naiknya. Pengalaman muncak semeru dulu ga bawa tongkat, belagak malah merangkak pake tangan, alhasil 2minggu ujung jari berasa kapalan.

Akhirnya setelah ngelewatin kerikil berpasir yang bikin dikit dikit berenti, tapi kalo berenti malah kedinginan. Kita sampe juga di puncak jam5 sore lebih dikit dan bener aja kita dipuncak cuma ber4. Sedikit saran kalo muncak, walaupun itu siang yang keliatannya panas, jangan lupa bawa jaket, apalagi air anget, yang enak bawa daypack satu satu, bawa air masing masing, gak lupa sama cemilan sama headlamp buat pas turun. Karna gua cuma pake kaos + flanel jadilah dipuncak gemeteran kedinginan, jadi udah males foto foto banyak, untung ada dedy yang paling niat poto poto.

Gak lama abis foto foto kita langsung turun karna langit mulai gelap dan angin mulai kenceng, diperjalanan turun badan mulai agak drop, untung ada air anget, tapi tetep masih ga fit juga, sampe akhirnya sampai di tenda lagi jam8n karna emang gua turunnya pelan banget, dedy malah turun cuma sejaman karna udah kedinginan juga jadi langsung ngibrit lari. Sampe tenda berasa dada gaenak, diminumin air anget juga gaenak, bener aja gua langsung nembak di dalem tenda, untung banget udah sampe bawah dan gak diatas. Abis tiduran bentar, makan, terus tidur. Bangun jam8, makan, terus turun jam9 dari plawangan.

Jumat, 12 juni 2015
Ternyata perjalanan turun gak semudah yang dibayangin, dengan bawaan berat dan banyak, medannya terjal pula, perjalanan ke pos3 berasa berat banget dan sampe pos3 langsung makan siang. Dari pos3 perjalanan udah mulai landai jadi bisa sedikit ngebut, akhirnya sampe di batas hutan lagi jam 5sore, udah disambut juga sama mas mobil bak, yang udah gua telfon dari pos1. Oh iya di rinjani xl sama simpati yang sinyalnya masih bagus, di plawangan masih ada sinyal, di segara anak katanya ada juga. Tadinya sih mau turun di senaru, tapi karna kalo lewat senaru, kita turun ke segara anak dulu, dari segara ke plawangan senaru naik curam lagi, jadi diputusin turun sembalun lagi aja, yang penting udah liat danaunya dari plawangan sembalun.

Sampe di pos sembalun ketemu anak telkom bandung yang ternyata udah ke merbabu dan andong, baru ke rinjani. Salutt! Dulu pas libur kuliah sayang gak punya duit cukup, giliran duit ada sekarang waktu yang ga ada. Ngobrol ngobrol juga sama bapak bapak yang mau ke sumbawa, waduh pas banget ini kalo mau ke kenawa, tapi ternyata dia lagi jemput sodaranya yg lagi turun gunung juga dan mau ke mataram, sayang banget mobilnya gak muat, kalo muat sih bakalan cakep banget. Nanya sini situ ternyata emang ga ada angkutan umum buat ke pelabuhan kayangan malem hari, kalo turun ke eikmel lagi jaraknya lebih jauh, tapi malem malem turun ke eikmel juga ga adasih, kecuali mau carter mobil dengan harga yg lumanyun. Dapet sih yg mau nganterin ke kayangan 250ribu, tapi setelah dipikir pikir kayanya terlalu mepet waktunya kalo kita nyebrang ke kenawa, jadi kita putusin melipir ke gili trawangan aja, dan cari mobil bak ke eikmel besok pagi. Malemnya kita putusin cari penginepan karna badan udah remuk, dan agak masuk angin hasil muncak kemaren. Ternyata di pos sembalun udah penuh, terus makan bakso dulu deket pos sembalun baru cari penginepan lagi, akhirnya dapet di pondok sembalun, belakangnya pos sembalun, harga awal nawarin 150rb tapi bisa di nego dan akhirnya kena 120rb.

Sabtu, 13 juni 2015
Bangun jam8 pagi, nanya nanya orang lagi buat ke gili, katanya terlalu jauh kalo turun ke eikmel lagi, mending ke arah utara aja. Jadilah nyari mobil yang mau ngangkut kita ke arah pelabuhan bangsal, buat nyebrang ke gili. Eh katanya jarang banget yang ke bangsal, paling kemana dulu gitu. Akhirnya dikasih tau bapak bapak kalo ada pengelola trip rinjani sekitar situ yang lagi bawa tamu bule dari gili mau ke sembalun, nanti mobilnya balik ke pelabuhan bangsal lagi, nah cakep deh ketemu titik terang, langsung lah gua temuin orangnya yang ternyata mobilnya aru dateng jam1 siang. Yasudahlah daripada harus ngeteng ke eikmel, terminal, baru ke bangsal, mending yang sekali jalan aja dan harganyapun cocok.

Akhirnya kita jalan jam1 dan sampe di pelabuhan bangsal jam4 lewat, gak pake lama langsung beli tiket karna emang penyebrangan terakhir jam 4 lewat gitu, kita beli yang 15rb dengan durasi 40menit, kalo yg durasi 15menit harganya 85ribu kalo gasalah. Sampai di gili trawangan sukurnya masih terang, buru buru cari penginepan yang deket sama spot snorkling, akhirnya dapet yang 200rb, sebenernya segini masih mahal, yang 100ribuan ada tapi kaya rumah warga gitu, dan baru kita liat di malam harinya, yaudahlah gausah disesalin.

Gak pake lama, naro barang terus langsung nyebur, belum sempet ke tempat yang karangnya bagus, kepikiran buat ke spot ayunan yang ngehits banget, tapi adanya di belakang pulau dan matahari juga udah mulai ga keliatan, dengan modal nekat sejadi jadinya langsung jalan cepet sambil nanya nanya orang diperjalanan, gak kerasa udah 1jaman jalan baru ketemu tuh ayunan.

Abis foto foto kita jalan lagi ke arah sebaliknya buat balik ke penginepan, hampir 1jaman juga, gak kerasa kita udah muterin gili trawangan dengan jalan kaki, andong atau sewa sepeda bisa sihh, tapi mau nikamatin sambil ngirit aja. Makanan disini juga lumayan mahal karna emang tempat wisata dan lebih banyak bule daripada orang lokalnya juga kali, jadi kita makan malem pake nasi goreng aja yang 25ribuan.

Minggu, 14 juni 2015
Waktunya balik dari gili trawangan, nyebrang jam8 pagi, terus sambil nanya nanya transport ke bandara buat ngejar pesawat jam6. Ternyata ada damri tapi dari senggigi, oke fix berarti kita ke pantai senggigi dulu. Keluar dari pelabuhan bangsal banyak yang nawarin tumpangan, taxi 100ribu bang! Bodo amat bang!!  kita tetep jalan terus berasa udah ngerti daerah situ. Pas udah agak sepi baru nanya ibu ibu dipinggir jalan, ternyata pertigaan jalan gede masih agak jauh, naik mobil bisa dua kali lagi, yang bikin heran juga kadang orang sini ditanya naik apa kalo mau kesini kesitu juga gak tau, gua juga bingung sih. Pas jalan dikit ada sejenis mobil bak yang dalemnya ada kursinya gitu, langsunglah kita setopin, nego alus kena 50ribu berdua sampe ke senggigi.

Sampe senggigi lagi rame banget karna hari minggu, abis nyante nyente, makan pecel, poto poto terus cabut deh ke tempat bis damri mangkal, letaknya deket pasar seni senggigi. Sampe tempat bisnya ternyata yang naik kita berdua doang, ngobrol ngobrol sama supir damrinya ternyata dia bisa nganter kalo mau jalan keliling lombok, kita boleh berenti juga buat beli oleh oleh, kapan lagi yekan damri nungguin kita. Sampe bandara masih jam3n, yang awalnya naik lion, lion batal, eh diganti batik, rejeki anak soleh emang gak kemana, lumayan jadi dapet makan malem. Sampe jakarta dengan selamat pukul 8 malem lewat dikit, besoknya udah kerja lagi jam4 pagi. Sekian :)

Rincian harga:
-Sewa penginapan 200:2=100rb
-Mobil ke senggigi 50:2=25rb
-Damri ke bandara 35rb
-Makan 8x = 120rb (diitung 15rb sekali makan)
-Lion air 800rb

TOTAL =   1.582.500 (dibuletin jadi 1,6 lah). Jadi total semuanya. Ijen, Baluran, Bali, Rinjani, Gili Trawangan, Senggigi selama 9hari Rp. 2.000.000 belum sama oleh oleh yaa

No Mas Baim (mobil bak ke batas hutan sembalun) 087763116000
No mas momo 081907073131 (yang punya trip ke rinjani, langganannya bule, kali aja bisa nebeng ke bangsal)
No Pak Sudar (supir damri) 087864221119, yang bisa nganter kalo mau jalan seharian keliling lombok pake mobilnya avanza/ayla, bisa dijemput di bandara/pelabuhan juga. Sehari 300ribu belum termasuk bensin. Kalo mau sewa bis damrinya juga bisa 1,75juta sehari, muat 30n orang kayanya.